Translate

Check Engine: Cara Reset Trouble Codes dengan Menggunakan ELM327 Car Scanner

Trouble Codes

Figure 1.1 - Check Engine (Active)

Bagaimana cara mengecek, atau melihat Trouble Codes (Error Codes) yang muncul pada Mobil Anda? Seperti pada contoh di atas (Figure 1.1), Check Engine aktif ketika kunci kontak ON maupun pada saat Mesin menyala (Engine running). Pada kesempatan kali ini, kita akan menggunakan ELM327 Car Scanner, yang cukup terjangkau di pasaran.

1). Silahkan buka software ScanMaster-ELM melalui shortcut di Desktop, dan hubungkan adapter ke OBDII Interface di Mobil Anda. Baca juga: Cara Menggunakan ELM327 Car Scanner ke Mobil Anda.

2). Setelah terhubung, silahkan pilih menu Trouble Codes.
Figure 1.2 - Trouble Codes

3). Kemudian klik tombol Read, pada bagian sebelah kiri-bawah menu. Akan muncul tampilan Diagnostic Trouble Codes (DTC). Jika ada Check Engine atau Trouble Codes yang aktif, akan muncul pada Tampilan ini.
Figure 1.3 - Diagnostic Trouble Codes (DTC)

4) Untuk me-RESET atau menghapus Trouble Codes, klik Clear. Pesan Warning akan muncul, klik Yes untuk melanjutkan.
Figure 1.4 - Clear Stored DTC

5). Setelah di Clear, tampilan pada Trouble Codes akan kembali seperti pada Figure 1.2 di atas. Silahkan RESET power ke Mobil Anda, dengan cara: Matikan kunci kontak ke OFF, kemudian ON-kan lagi, dan START atau nyalakan Mesin Anda, dan Check Engine seharusnya sudah tidak muncul lagi..

#ELM327 bisa di order lewat Tokopedia, sesuai rekomendasi saya di bawah ini: Coba cek di sini di Tokopedia, deh. Harganya Rp85.000




Baca juga:

 





Blog.Teknisi

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Check Engine: Cara Reset Trouble Codes dengan Menggunakan ELM327 Car Scanner"

Post a Comment